Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Kesehatan Perut dan Usus

Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Kesehatan Perut dan Usus

Perut dan usus merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang berperan penting. Kedua organ tersebut sangat berperan dalam sistem pencernaan, baik manusia maupun hewan. Perut dan usus berfungsi untuk mencerna dan menyerap sari makanan yang kita konsumsi. Kemudian sisa olahan dari sari makanan akan dikeluarkan dari tubuh berupa kotoran. Jadi, jika kedua organ tersebut terganggu atau rusak, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kedua organ agar selalu sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

Nah, tahukah anda bagaimana menjaga kesehatan perut dan usus agar selalu sehat? Tolong dengarkan ulasan berikut ini:

1. Makan secara teratur

Biasakan diri untuk selalu makan secara teratur Salah satu fungsi perut adalah memproduksi asam lambung yang akan digunakan untuk mencerna makanan yang kita konsumsi dalam bentuk yang lebih kecil. Nah, jika asupan makanan dalam tubuh berkurang, maka asamnya akan bisa melukai organ pabrikan perut. Jika Anda tidak makan secara teratur maka bisa terkena gastritis akut yang ditandai dengan gejala gastritis kronis. Jika dokter telah memberikan diagnosa maka Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan penderita tukak kronis.

2. Biasakan Ngunyah Lama

Tahukah Anda jika perut bekerja terlalu banyak dalam proses mencerna makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan dinding organ terlalu sering menggosok. Akibatnya, dinding perut bisa terluka. Untuk mencegah hal ini, para ahli kesehatan sangat menganjurkan agar kita memakan waktu lebih lama sambil mengunyah makanan. Biarkan sampai tekstur makanan yang akan diserap tubuh menjadi lebih lembut. Selain itu, dengan mengunyah makanan lebih lama maka makanan akan dinetralkan oleh air liur kita, sehingga nantinya tidak akan mempengaruhi peningkatan asam lambung saat makanan dicerna oleh perut. Makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan sering bersendawa dan cegukan terus menerus.

3. Meningkatkan Konsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan kaya serat alami akan sangat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan organ perut dan usus. Ada banyak produk makanan lengkap dengan kandungan serat sangat tinggi.

Semua jenis makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Makanan berserat bisa membantu buang air besar dan menghabiskan sisa pencernaan, yaitu berupa kotoran. Kebiasaan ini akan melindungi tubuh dari wasir, sembelit, borok peptik, kanker usus besar dan semua kondisi akibat kekurangan serat bagi tubuh.

4. Kurangi Makanan Terlalu Pedas, Asam, dan Manis

Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, dan terlalu banyak gula bisa berisiko meningkatkan produksi asam lambung. Sehingga bisa menyebabkan empedu bekerja lebih keras. Hal ini juga bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat di usus. Untuk itu, Anda harus mulai mengurangi makanan yang terlalu pedas, asam, atau terlalu manis agar kesehatan perut dan usus Anda terjaga. Khusus untuk wanita hamil sebaiknya hindari semua bahaya makanan pedas bagi ibu hamil.

5. Perluas Asupan Cairan Untuk Tubuh

Cairan yang cukup dalam tubuh kita akan sangat membantu dalam proses pencernaan. Air dapat membantu menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh. Selain itu, air juga berfungsi untuk membubarkan nutrisi yang diserap tubuh seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya sehingga nantinya mudah diserap oleh tinja. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda mengatasi masalah sembelit. Bahkan dampak kekurangan air bagi tubuh pun terbukti sangat fatal. Kita bisa mendapatkan asupan cairan dengan mengkonsumsi air atau minuman lain yang rendah kafein, atau dengan mengkonsumsi cairan dari jus buah atau sayuran.

6. Hindari Konsumsi Minuman Mengandung Kafein, Alkohol, dan Soda

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi ternyata menyebabkan bahaya kafein bagi tubuh. Meski mengkonsumsi kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup namun harus diperhatikan. Produk yang mengandung kafein, alkohol, atau soda, ternyata bisa memicu ketidaknyamanan pada organ perut yang pada akhirnya akan menyebabkan refluks ke organ. Tidak hanya kafein karena ada juga dampak bahaya alkohol terhadap kesehatan. Sementara bahaya minuman berkarbonasi terhadap kesehatan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang sangat buruk. Jadi lebih baik jika Anda terbiasa minum air putih.

Itulah artikel tentang cara supaya perut dan juga usus tetap sehat, terimakasih telah berkunjung ke website kami semoga apa yang anda tuju bisa tercapai.

— Baca Juga —

Obat GERD Untuk Anak

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Obat Herbal Untuk GERD

Posted By : Obat GERD
Ilyas Ruhiyat
25 April 2017 – 08 : 49

Leave a Comment

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.