Tentang Penyakit GERD

Tentang Penyakit GERD

Banyak yang mengira kalau GERD itu sama dengan Maag, padahal berbeda. Dan sekarang kami akan menjelaskan tentang penyakit GERD, semoga dengan informasi ini masyarakat sadar kalau GERD lebih berbahaya dari Maag jika tidak secepatnya ditangani, simak artikel di bawah ini.

Pengertian GERD

GERD adalah penyakit kronik yang bisa mengakibatkan kanker kerongkongan atau kanker  lambung jika terlambat ditangani. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi. Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD (seperti naiknya aliran isi lambung ke kerongkongan atau regurgitasi ataupun nyeri dada seperti terbakar, heartburn) tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagitis. Alur balik isi lambung ini juga dilaporkan bisa menyebabkan atypical syndrome (seperti asthma reflux) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit diobati.

Gejala GERD

  1. Mengalami kesulitan saat menlean (disfagia).
  2. Terasa seperti adanya benjolan pada daerah tenggorokan.
  3. Terjadi peningkatan produksi air liur daripada biasanya.
  4. Mulut menjadi terasa pahit karena asam lambung yang naik.
  5. Mengalami batuk kering,suara menjadi serak dan sakit tenggorokan.
  6. Regurgitasi (mual-muntah) makanan atau cairan asam lambung (acid reflux).
  7. Rasa nyeri pada perut yang di sertai adanya sensai terbakar di area perut.
  8. Menyebarnya rasa terbakar dari perut ke dada (heartburn),terkadang sampai menyebar ke tenggorokan bersamaan dengan adanya rasa asam.
  9. Timbulnya ke tidaknyamanan di perut seperti perut menjadi kembung dan begah.
  10. Seringnya bersendawa (ciri khas dari penyakit lambung).

Ciri Ciri GERD

  • Perut kembung

Hal ini diakibatkan kadar asam yang ada di dalam lambung sangatlah tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan sehingga menyebabkan perut terasa kembung.

  • Mual dan muntah

Terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.

  • Kehilangan nafsu makan

Kehilangan selera makan biasanya disertai dengan perasaan penuh pada perut atau kembung.

  • Susah/sakit saat buang air besar

Susah buang air besar diakibatkan pola makan yang tidak teratur dan adanya gangguan pada pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.

  • Sering bersendawa

Terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari ciri-ciri asam lambung. Ketika mengalami kembung, bersendawa awalnya mungkin dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, anda akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.

Ciri-ciri asam lambung lainnya adalah berkeringat tanpa sebab yang jelas (misalnya di ruangan dingin atau ber-AC), pingsan, denyut jantung menjadi lebih cepat, gangguan pencernaan dan cegukan.

Penyebab GERD

  • GERD disebabkan karena otot-otot esophageal sphincter bagian bawah tidak berfungsi normal.
  • Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh asupan dan kebiasaan makan seseorang.
  • Makan makanan pedas, gorengan, makan berat di malam hari, segera berbaring atau membungkuk setelah makan bisa memicu GERD.
  • Di sisi lain, merokok, konsumsi alkohol, obesitas juga disebut sebagai penyebab utama kondisi ini.
  • GERD juga umum terjadi pada wanita hamil karena terjadinya peningkatan ukuran rahim dan berat badan sehingga memberi tekanan pada perut.
  • Perubahan hormon dalam tubuh juga dapat menyebabkan GERD.

Pengobatan GERD

Untuk pengobatannya sendiri bisa dengan merubah pola makan dan pola hidup sehat harus di terapkan, untuk obatnya anda bisa mencoba dengan menggunakan Gastric Health, herbal yang terbuat dari 100% bahan alami asli. Informasi lebih lanjut bisa klik di sini.

Baca juga : Cuka Sari Apel Bagi Penderita GERD

Posted By : Ilyas Ruhiyat – Obat Gerd Sabtu 25 Februari 2017 14:03:29

Leave a Comment

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.