Manfaat Parkour Bagi Otak

Manfaat Parkour Bagi Otak

Anda pasti sudah mengerti apa itu Parkour bukan? Parkour kadang disebut l’art du déplacement (seni gerak) adalah salah satu jenis olahraga ekstrim yang perlu mendapat keahlian khusus untuk melakukannya. Parkour adalah aktivitas yang bergerak dengan seni gerak tubuh yang dilakukan seefektif dan seefisien mungkin.

Traceur adalah nama orang yang melakukan parkour. Di dalam parkour ada beberapa teknik gerak yaitu Presision Jump, Wall Climb, Vault, Back Flip, Flip Front, Wall Flip, Wall Splin, Roll, dan Cat Leap. Selain parkour juga memiliki manfaat bagi pelakunya yang anda kenal. Apa manfaatnya? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

1. Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Otak kiri memiliki karakteristik logis, berurutan, linier dan rasional. Sedangkan karakteristik otak kanannya acak / tidak beraturan dan intuitif. Di Parkour kita bisa melatih kedua belahan otak dengan memikirkan apakah yang kita lakukan bisa sukses atau tidak. Selain menghadapi hambatan olahraga ini besifat acak, artinya apa yang ada di depan adalah halangan yang bisa menjadi kendala dalam segala bentuk sementara kita dituntut untuk berpikir cepat.

2. Perkuat Mental

Untuk mulai berpartisipasi dalam kegiatan olahraga ini, kita tentu bisa menganalisa betapa menantangnya kita akan hadapi. Apalagi karena aktivitasnya yang ekstrem pasti bisa mengundang banyak resiko yang bisa terjadi. Saat kita melakukan gerakan parkour maka secara mental kita bisa mengasah lurus.

3. Mengenal Resiko

Olahraga ekstrem yang memiliki banyak tantangan akan membuat kita mampu mengenali risiko yang dihadapi. Besarnya risiko yang bisa kita atasi dengan memilih strategi dan pergerakan yang tepat dan akurat.

4. Berpikir Cepat

Tantangan yang sudah di depan mata dan memiliki risiko tinggi, membuat kita fokus dan memutuskan dengan cepat untuk mengatasinya. Bila Anda merasa ragu atau tidak yakin saat melakukan olahraga ini bisa membuat tubuh menjadi terluka.

5. Latih Kreativitas

Kreativitas akan dilatih melalui gerakan. Gerakan yang kita lakukan adalah pilihan kita dalam berekspresi dan memecahkan masalah. Parkour bisa menghasilkan gerakan yang dianggap tepat dan sesuai dengan kendala yang kita hadapi. Dia akan bisa melihat sesuatu dari sudut pandang uniknya sendiri.

6. Pengembangan Diri

Memiliki keahlian khusus dalam satu jenis olahraga juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, jantung, dan emosional. Melalui gerakan yang dilakukan bisa mengasah kemampuan kita baik dari sisi fisik, kognitif maupun psikomotor.

7. Latih Kekuatan Fokus Otak

Parkour menuntut traceur untuk bisa melakukan setiap gerakan dengan tepat dan akurat. Sedikit fokus yang kita lakukan bisa membuat gerakan menajdi tidak sempurna bahkan melukai. Melalui gerakan olahraga ini, otak dilatih untuk fokus pada masalah yang ada. Ini melatih kita untuk fokus pada tujuan yang ingin kita capai. Parkour adalah olahraga yang bisa digunakan sebagai olahraga untuk otak, karena bisa mengatur kekuatan fokus otak.

Itulah manfaat parkour bagi otak yang bisa Anda rasakan saat melakukan olahraga ini, begitu banyak manfaat olahraga yang bisa Anda rasakan jika berolahraga dengan tekun, salah satu manfaat latihan pada umumnya adalah menjaga stamina tubuh. Tak terkecuali dengan manfaat parkour ini. Dari beberapa manfaat diatas tidak hanya untuk otak tapi juga bisa memberi kesehatan fisik dan mental.

— Baca Juga —

Bunga Rosella Merah Ternyata Mempunyai Manfaat

3 Khasiat Daun Sirih Bagi GERD

Buah-buahan Dan Sayuran Yang Bagus Untuk Penderita Gerd

Posted By : Obat GERD
Ilyas Ruhiyat

Leave a Comment

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.