Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Apendisitis adalah peradangan atau pembengkakan pada usus buntu atau usus buntu. Sementara usus buntu adalah organ kantong berbentuk yang ukuran kecil dan tipis dari 5 sampai 10 cm dari yang terhubung ke usus besar. Sampai saat ini, alasan mengapa kita memiliki usus buntu masih belum diketahui.

Pengangkatannya tidak mempengaruhi kondisi kesehatan. Namun usus buntu atau usus buntu berpotensi mengakibatkan komplikasi serius.

Apendisitis adalah penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja. Namun, orang-orang muda berusia 10 sampai 30 tahun adalah kelompok masyarakat yang paling sering mengalami kondisi ini.

Gejala Usus Buntu

Gejala utama apendisitis adalah nyeri perut. Namun, tidak semua jenis sakit perut akan menyebabkan usus buntu.

nyeri perut yang mengindikasikan penyakit ini biasanya dimulai di perut tengah. Pada awalnya, rasa sakit akan datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit bergerak ke perut kanan bawah (di mana usus buntu terletak) sebelum akhirnya semakin parah dan terus-menerus sakit.

Rasa sakit akan memperburuk ketika penekanan di bagian perut. Demikian juga ketika Anda batuk atau berjalan. Beberapa gejala lain yang mungkin menyertai sakit perut, antara lain:

  1. Kehilangan selera makan.
  2. Bengkak.
  3. tidak bisa lewat gas.
  4. Mual dan muntah.
  5. Sembelit atau diare.
  6. Demam.

Apendisitis sering keliru untuk penyakit lain, seperti keracunan makanan, sindrom iritasi usus parah, sembelit biasa, dan infeksi saluran kemih. Wanita muda juga sering mengira gejala penyakit ini sehubungan dengan konten, seperti kehamilan ektopik atau nyeri haid.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami sakit perut yang perlahan-lahan semakin memburuk. Segera hubungi ambulans jika sakit perut Anda semakin memburuk tiba-tiba dan menyebar ke seluruh perut. Hal ini menunjukkan kemungkinan usus buntu yang pecah bisa menyebabkan peritonitis (infeksi serius dari lapisan perut).

Penyebab Usus Buntu

Penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti, sehingga pencegahan yang juga tidak diketahui. Namun, sebagian besar dari usus buntu dianggap karena penyumbatan ‘pintu masuk’ ke usus buntu oleh:

  1. Tinja.
  2. Getah bening kelenjar di dinding usus. Pembengkakan ini biasanya berkembang setelah infeksi saluran pernapasan atas.

penyumbatan akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Tekanan dari pembengkakan akan memicu usus buntu yang pecah.

Posted By : Obat GERD

2 thoughts on “Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Leave a Comment

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.