Gejala dan Penyebab Tukak Lambung

Gejala dan Penyebab Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding perut yang disebabkan oleh erosi lapisan lambung. Cedera ini juga berpotensi muncul di dinding bagian pertama dari usus kecil (duodenum) dan esofagus (kerongkongan).

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja pada usia berapa pun. Meski begitu, warga senior berusia lebih dari 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami hal itu.

Gejala Tukak Lambung

Gejala utama yang akan Anda rasakan jika ulkus lambung adalah rasa sakit atau nyeri di perut. Rasa sakit timbul karena iritasi yang disebabkan oleh asam lambung luka basah. Gejala ini biasanya nyeri:

  • Menyebar ke leher, pusar, ke belakang
  • Muncul di malam hari
  • Terasa lebih buruk pada perut kosong
  • Umumnya berkurang untuk sementara jika Anda makan atau mengambil obat asam penurun lambung
  • Hilang maka kambuh beberapa hari atau minggu kemudian

Selain sakit perut, ada beberapa gejala lain yang mungkin Anda alami, termasuk mulas, kehilangan nafsu makan, mual, dan gangguan pencernaan.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, konsultasikan dengan dokter Anda. Namun, tukak lambung kadang-kadang tidak menimbulkan gejala apapun sampai terjadi komplikasi.

Oleh karena itu, Anda harus waspada dan segera ke rumah sakit untuk perawatan darurat jika muntah darah, feses dengan darah atau hitam, serta menusuk sakit perut yang muncul tiba-tiba dan terus memburuk. Gejala ini menunjukkan terjadinya pendarahan di perut.

Penyebab Tukak Lambung

Biasanya dilapisi membran dari dinding perut untuk melindungi dari asam lambung. Peningkatan kadar asam lambung atau penipisan potensial membran pelindung untuk memicu tukak lambung.

Penyebab umum yang dapat menurunkan perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung termasuk infeksi pylori Helicobacter dan penggunaan obat anti-inflamasi non-steroid. Ibuprofen, aspirin, atau diklofenak obat lain adalah beberapa contoh dari non-steroid anti-inflamasi yang sering digunakan.

Infeksi yang disebabkan oleh H. pylori bakteri, termasuk kondisi umum dan penderita sering tidak sadar. Sementara konsumsi obat anti-inflamasi non-steroid yang sering atau lama akan meningkatkan risiko sakit maag, terutama untuk orang tua.

Selain bakteri dan obat-obatan, merokok dan konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko sakit maag. Merokok meningkatkan risiko sakit maag pada orang yang sudah terinfeksi H. pylori. Kandungan alkohol dalam minuman keras juga dapat melemahkan membran pelindung dinding lambung, sekaligus meningkatkan kadar asam lambung.

Banyak yang menganggap makanan atau stres kondisi pedas sebagai penyebab tukak lambung. Ini tidak benar. Makanan dan stres tidak menyebabkan sakit maag, namun dapat memperburuk gejala.

Post By : Obat GERD

1 thought on “Gejala dan Penyebab Tukak Lambung

Leave a Comment

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.