Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Lambung

Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Lambung

Asam Lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh radang perut atau borok yang dideritanya. Penyakit ini sangat umum di segala umur, bahkan anak-anak. Asam Lambung akan membuat pasien sulit menerima makanan. Perut akan sakit bila sudah penuh dengan makanan dan akan terasa sakit jika tidak makan. Nyeri seperti sakit sering menyebabkan perut menjadi sangat sakit.

Kopi menjadi minuman yang disukai setiap orang. Tapi, apakah kopi aman bagi penderita asam lambung? Kopi bisa menjadi minuman yang berbahaya bagi penderita asam lambung. Berikut adalah beberapa bahaya kopi bagi penderita asam lambung.

1. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Kopi mengandung kafein yang mengiritasi dinding perut dan meningkatkan produksi asam lambung. Minum terlalu banyak kopi bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada bisul perut. Kopi merupakan salah satu penyebab asam perut dan sulit dibungkam. Selain kopi ada juga berbagai jenis makanan yang menyebabkan asam lambung meningkat. Jika gejala asam lambung sudah terasa naik maka segera lakukan perawatan asam lambung.

2. Dapat Menghilangkan Khasiat Obat

Seseorang yang dalam program pemulihan penyakit akan menaati dokter untuk minum obat. Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan khasiat obat hilang. Kafein akan melarutkan obat di ginjal dalam waktu singkat dan kemudian dilepaskan ke dalam urine. Bagi penderita asam lambung yang sedang menjalani perawatan, maka khasiat obat tidak akan didapat oleh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh menjadi lemah. Efek dari bahaya kafein bagi tubuh sangat banyak dan bisa memperparah kondisi penyakit. Bagi penderita asam lambung harus mendapatkan obat dari resep dokter.

3. Menyebabkan Rasa Panas di Tenggorokan

Bagi seseorang yang sangat peka terhadap kafein dan keasaman kopi sebaiknya cicipi kopi. Sebaiknya jangan minum kopi dan konsumsi minuman sehat lainnya seperti susu kambing atau susu kedelai. Asam dalam kopi dengan cepat mendorong asam lambung lebih banyak dan bisa mencapai rongga tenggorokan. Akibatnya bisa memberi rasa panas dan efek terbakar di tenggorokan sehingga pada beberapa orang menjadi sakit tenggorokan.

4. Mengganggu Jaringan Kandung Kemih

Kafein berlebih di kandung kemih bisa menyebabkan kencing goyah dan tidak mulus (anyang anyangan). Kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan sesak di sekitar otot perut bagian bawah saat buang air kecil. Jika Anda merasa sakit saat ulkus maag, maka perut akan terasa lebih sakit. Penyebab sakit saat buang air kecil bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih.

— Baca Juga —

Bahaya Cabai Untuk Lambung

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Kesehatan Perut dan Usus

Posted By : Obat GERD
Ilyas Ruhiyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *